LUKAH

29 05 2009

LUKAH

LUKAH UJUNG BATU

ioppp

LUKAH UJUNG ABTU,photo by : ipank

luakh adalah salah satu  dari sekian banyak alat  menangkap ikan trdisional. dimana ukuran idealnya bekisar antara 1,5 meter – 3,5  meter, lukah terdiri dari 83   bilah bambu dan di ikat ( di jalin ) menggunakan rotan.

sedangkan diameter lukah ini sendiri sangat berpariasi, pada umumnya lukah juga di lengkapi dengan dua perangkap.yakni bambu yang telah di runcingkan dan berbentuk kerucut.

lukah sangat efektif di gunakan pada aliran sungai yang memiliki arus deras, dan lebih sering di gunakan pada air tawar, anak sungai dsb.

cara letak lukah di permukaan sungai juga tidak boleh sembarangan, usahakan dasar sungai tersebut memeiliki tebing yang rata, dan kepala lukah yang berbentuk kerucut di arahkan ke hulu sungai, jika posisi lukah ini tak benar di dasar sungai, takkan satupun ikan yang akan masuk  ( terperangkap ).

lukah yang terdapat di kec.ujung batu, rokan hulu, RIAU ini jauh berbeda denagan lukah yang terdapat di negeri tetangga kita,MALAYSA.

lukah8

http://malaysiana.pnm.my/Alat%20Tradisonal/ikan_lukah.htm

LUKAH MALAYSA

di mana lukah yang terdapat di malaysa sedikit monoton.dan lukah yang terdapat di ujung batu estetiknya lebih di tonjolkan , selain punngsi utama dari lukah tersebut. yakni alat penangkap ikan tradisional.dalam proses penagkpan ikan ini, lukah harus di tahan (di endapkan ) minimal sehari semalam, karena lukah ini memanfaatkan ikan yang berpindah tempat,menyusuri sungai ke arah hulu.



Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: